Senza categoria

Pentingnya lembaga pendidikan dalam masyarakat

Pentingnya lembaga pendidikan dalam masyarakat

Hubungan antara lembaga pendidikan dan masyarakat masih belum dipahami oleh kedua belah pihak, terutama oleh masyarakat awam yang menganggap dirinya dan lembaga pendidikan merupakan lingkungan yang berbeda, padahal keterlibatannya memberikan dampak yang sangat positif dalam lembaga pendidikan.

Di pihak lembaga pendidikan tidak memberikan ruang bagi keterlibatan masyarakat dalam proses pendidikan, meskipun hanya keterlibatan secara materiil, namun tidak dilibatkan secara optimal baik secara fisik maupun psikis.

Lembaga pendidikan tidak hanya berada di lingkungan sekolah dan keluarga saja, namun juga di lingkungan masyarakat, pendidikan masyarakat dilakukan dengan mengikuti pendidikan nonformal. Pendidikan nonformal merupakan jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan bertahap.

Hasil pendidikan nonformal dapat dinilai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses evaluasi penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah atau pemerintah daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan. Seperti lembaga kursus dan pelatihan, kelompok belajar, sanggar, pusat kegiatan belajar masyarakat dan lain-lain. Oleh karena itu, lembaga pendidikan merupakan salah satu unsur yang memegang peranan sangat penting dalam dunia pendidikan khususnya di lingkungan masyarakat.

Lembaga pendidikan adalah suatu sistem pengaturan yang bersifat mujharrad, suatu rancangan yang terdiri atas kode-kode, norma-norma, ideologi, dan lain-lain, tertulis maupun tidak, termasuk peralatan materil dan organisasi simbolik, yaitu kelompok manusia yang terdiri dari individu-individu yang dilatih dengan sengaja atau tidak, untuk mencapai tujuan tertentu di tempat kelompok tersebut menerapkan peraturan tersebut, seperti masjid, sekolah, kuttabe, dan lain-lain.

Lembaga pendidikan juga menjadi wadah pengembangan individu menuju masa depan yang lebih baik. Setiap orang dalam lembaga ini klik disini akan mengalami perubahan dan perkembangan sesuai dengan warna dan corak lembaga tersebut. Peranan lembaga pendidikan dalam masyarakat sangatlah penting, yaitu memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat dan dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kualitas seseorang agar mampu hidup lebih baik di masyarakat.

Selain itu, lembaga pendidikan mempunyai peran dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mempersiapkan individu menghadapi lingkungan profesional dan sosial masa depan.

Organisasi suatu lembaga pendidikan ada dalam lingkungannya dan merupakan bagian darinya. Artinya organisasi atau lembaga pendidikan tidak dapat dan tidak boleh berdiri sendiri dari masyarakat di lingkungannya.

Keberadaan lembaga pendidikan di masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan bakat seseorang.

Badan Pusat Statistik melaporkan jumlah penduduk miskin di Indonesia pada Maret 2023 sebanyak 25,90 juta jiwa. Berdasarkan databox, pada tahun 2022 terdapat 23,61% yang tidak bersekolah, sangat kontras dengan proporsi penduduk Indonesia yang mengenyam pendidikan tinggi yaitu 6,41%.

Padahal, dalam undang-undang n. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, Pasal 60 menyatakan bahwa “Setiap anak berhak mendapat pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya sesuai dengan minat, bakat, dan tingkat kecerdasannya.

Salah satu ciri negara yang disebut maju adalah masyarakatnya sangat sadar akan pentingnya pendidikan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Partisipasi negara juga penting, terutama dalam pembangunan lembaga pendidikan yang sesuai yang memungkinkan 100% penduduknya bisa membaca dan menulis.

...

Lascia un commento

Il tuo indirizzo email non sarà pubblicato. I campi obbligatori sono contrassegnati *